Evaluasi Semester 5

13 02 2011

Liburan semester 5 sudah selesai. Nilai-nilai mata kuliah semester 5 pun sudah mulai bermunculan di SIAKAD (SIM AKADEMIK). Ada yang menggembirakan, mengecewakan bahkan mengagetkan. Bahkan ada 1 nilai mata kuliah yang baru muncul di hari terakhir FRS an ( mengambil mata kuliah semester selanjutnya). Bayangkan jika sampai selesai FRS nilai nya belum keluar juga, bisa bisa saya mengulang mata kuliah tersebut di semester selanjutnya :( .

Dari nilai nilai tersebut saya akan mencoba mengevaluasinya sehingga saya paling tidak bisa belajar dari kesalahan kesalahan yang saya lakukan di semester lalu. Bisa juga dijadikan pelajaran buat para pembaca yang kebetulan adek kelas saya di jurusan (jangan contoh saya maksudnya, hehe )

>  Mekanika Teknik II = B

Mata kuliah berbobot 4 SKS ini memang menguras tenaga dan pikiran. Kuliah 2 kali seminggu dengan tugas yang seabrek membuat rasa jenuh dan bosan selalu hinggap di kepala saya. Tetapi inilah dasar matkul (selain mekanika teknik I) kalau anda ingin focus di bidang struktur. Ya karena saya pengen banget masuk struktur, mau gak mau harus suka, walopun sulitnya minta ampun. Oya, buku yang enak untuk dipahami menurut saya punya Timoschenko ama Hibler, walaupun dosen saya lebih suka mengeluarkan soal yg mirip di buku nya Popov. Makasih buat Herdiani Sinatrya teman dari Sipil yang sudah meminjamkan catatan nya :) .

>  Perencanaan Bangunan Lepas Pantai I = BC

Ini dia mata kuliah angker di jurusan saya. Diasuh oleh Bapak Joswan yang merupakan dosen senior, kita akan serinh menemukan mas/mbak semester atas yang kebetulan mengulang lagi matkul ini. Yup, jangan heran kalau banyak banget yang belum lulus di matkul ini. Karena materinya emang sulit dan harus teliti menganalisa soal. Inget ya, teliti menganalisa soal, bukan mengerjakan soal. Karena kalau sudah paham ‘maunya’ soal, pasti lancar ngerjain nya. Dan jangan sekali2 berharap nilai A di matkul ini kalau anda tipe mahasiswa yang suka bolos atau TA (titip absen). Karena Bapak dosen akan setia mengabsen anda secara manual :) . Oya, soal UAS matkul ini iseng2 saya posting di blog ini dan anda bisa lihat soal UAS nya disini.

>  Hidrostatis dan Bonjean (Tugas Rancang II) = AB

Ini nih matkul yang sempat saya singgung di atas sebagai matkul yang nilainya baru keluar di saat akhir FRS an. TR 2 ini merupakan kelanjutan TR 1 (lines plan) yang berbobot 2 SKS, tujuanya adalah menggambar/ merancang kurva Hidrostatis dan Bonjean. Kebetulan tidak ada kelas kuliah di matkul ini. Jadinya ya asistensi aja terus ke bapak dosen. Terima kasih khusus nya buat Dany Arianto Wibowo dan teman2 yang banyak membantu saya di matkul ini. Berhubung bapak dosennya (Bapak Murtedjo) yang terkenal perfect pada tugas mahasiswanya. Sehingga keliru sedikit saja pasti ketahuan, hehe. Mungkin pada postingan selanjutnya saya akan menjelaskan bagaimana cara menggambar kurva hidrostatis dan bonjean .

>  Statistika Rekayasa, Keandalan dan Resiko = B

Dulu saya sempat bertanya tanya, kenapa engineer harus belajar statistic? Kan sudah ada jurusan statistic/ matematika yang lebih ahli. Dan bapak Prof Mukhtasor memberikan penjelasan yang mencerahkan. Seorang engineer di lapangan pasti agan banyak menemukan data data yang kebanyakan merupakan data yang acak. Untuk mengolah data data tersebut sehingga bisa dianalisa, maka dibutuhkanlah statistic sebagai tools nya. Statistik juga merupakan pegangan kita jika nanti kita dihadapkan pada suatu pengambilan keputusan. Dan statistic jugalah yang akan membantu kita meramal suatu kejadian. Misal :perubahan garis pantai pada tahun ke XX, perubahan data gelombang dsb. Sedangkan pada kuliah Keandalan dan resiko yang diampu oleh Prof Daniel M Rosyid kita diajarkan mengenai sistem beserta reliability nya. Membuat fault tree analysis dsb.

>  Struktur Perlindungan Pantai = AB

Matkul ini lebih focus kepada anda yang ingin menjadi coastall engineer. Matkul ini mempelajari bangunan bangunan pantai seperti jetty, groin, breakwater, seawall, reklamasi pantai dsb. Selain itu ada pula tambahan tentang mitigasi di daerah pesisir. Intinya ya bagaimana kita membangun suatu rekayasa struktur/ bangunan yang akan melindungi pantai/ daratan dari ancaman beban lingkungan seperti ombak besar, abrasi pantai, pendangkalan muara sungai, sedimen transport  dsb.

>  Perancangan Struktur Pantai ( Tugas Rancang Besar I) = A

Ini merupakan aplikasi dari matkul struktur perlindungan pantai, oceanografi dan mekanika tanah & sistem pondasi. Di mata kuliah ini saya bersama Ardhan Cipta Satria dan Ulfah Ramadhan merancang suatu struktur Groin di daerah Gresik untuk mencegah abrasi dan sedimen transport. Kita mulai dari mencari data angin. data gelombang, data pasang surut, peta bathymetri lalu kita olah dan kita rancang model refraksi gelombang, , tinggi variable pasang surut, model perubahan garis pantai  sampai rancangan struktur Groin beserta RAB (Rencana Anggaran Biaya). Terimakasih kami ucapkan untuk Bapak Suntoyo yang sabar membimbing kami beserta teman teman seperjuangan atas support dan bantuanya.

>  Sistem Operasi Kelautan = AB

Matkul ini berisi materi tentang sistem operasi yang berada di kelautan, mulai dari kapal dan bangunan laut nya. Kita ditugasi merancang jangkar laut beserta gambar nya. Lalu mempelajari proses  installasi bangunan laut (kebanyakan tipe jacket /fixed platform) mulai dari proses erection, loadout, towing, lifting, launching.

People makes mistake. Dan karena kita manusia, kita bisa belajar dari masa lalu. Jalani semester depan dengan semangaat.. !


Actions

Information

36 responses

14 02 2011
kumbara

semangat aja mas bro,. nasib lo ga jauh beda ma gw,.

salam kenal ,..

15 02 2011
Fahmi

salam kenal juga,,
semangat buat semester depan.. :)

15 02 2011
liek

hehe akhirnya keluar juga, dan alhamdulillahnya dapet bagus…hehe
asalkan sabar, insyaAllah rejeki ga kemana ^_^

15 02 2011
Fahmi

alhamdulilah mba, walopun sebenernya berharap dapet A, tapi ya tetep bersyukur… :)
ayo semangat TA nya.. :)

15 02 2011
Frenavit

Mantap… semangat untuk semester depan ya.. semoga ndang lulus.. hehe..

15 02 2011
Fahmi

Amien… moga2 cepet lulus & lulus di saat yg tepat….

15 02 2011
aRuL

sip, nilainya bagus ;) goodluck for the next semester ;)

16 02 2011
Fahmi

amien,, semoga saja…

15 02 2011
ichaelmago

ngebaca post ini, jadi keingetan sama nilai semester 1 yang sampe sekarang belum keluar :(

16 02 2011
Fahmi

wah? lha agan skrang semster brapa…? kok bisa ya…?

15 02 2011
anla

ndak usah bingung mas, selahkan statistika pada ahlnya.. yaitu orang-orang statistik
hehehe
saya pengantar statistika juga dapat B :(

16 02 2011
Fahmi

haha,, iya bener…
tetep semangat dek… : )

16 02 2011
prilisyah fitri

wkwkwkwk..
semangkaaaaa!!!!!!:))

16 02 2011
Fahmi

semangat jg fit…. :)

16 02 2011
mcnugraha

bagus.. bagus.. bagus..
terus lanjutkan
dan tetap istiqomah

17 02 2011
Fahmi

berjuang buat semster ini tur… :)

16 02 2011
Pendar Bintang

Orang cerdas emang seperti ini…melakukan evaluasi tanpa di suruh (atau ini jangan-jangan sebagian dari TA :lol: ).

Evaluasi juga perlu dilakukan yah dlm segala aspek kehidupan :)

17 02 2011
Fahmi

kalo saya tu jarang TA kok.. kecuali di saat2 tertentu… haha….

17 02 2011
Saipuddin

hilangkan rasa bosan yang menggoyah :D
dan tetap semangat :)

17 02 2011
Fahmi

uya neh,, kadang kuliah kok bosen yaa… ahaha…

17 02 2011
fizer0

Wah2, saya malah baru mulai ujian semester 5,, hhe..:D

17 02 2011
Fahmi

waw,, semangaat buat ujian nya yah…

18 02 2011
Madzhab Bisnis OnLine

Mantab gan artikelnya
sangat bermanfaat buat para pelajar, mahasiswa dan guru :D

19 02 2011
presyl

waduh.. ga ngerti semua tuh mata kuliahnya ;p
masih mahasiswa tahun2 tengah kan?
tetap semangaaaaaaaat !

25 02 2011
Fahmi

iya,,masih di pertengahan beranjak ke tingkat akhir..
semangaat…

19 02 2011
radesya

Wah lumayan bagus tuh, terus semangad ya! Goodluck for the next semester ya.. :)

25 02 2011
Fahmi

sama sama… makasih yaa…

20 02 2011
SYMPHONY FTK

uiii mii, follback us dong..
ini web blognya Symphony FTK acara tahunannya FTK..:))
fitri,

25 02 2011
Fahmi

gud luck buat acara nya fit… :)

21 02 2011
Mila

bagus..bagus…

lanjutkan dan tingkatkan :)

4 03 2011
nadiafriza

speechless. mengupdate ip ke publik? whoa! you’re so confidence :)

6 03 2011
Fahmi

ahaha,, kan gk nulis ip nya.. cuman nilei aja… biar untuk memotivasi semester ini biar cepet lulus… amieen..

8 03 2011
@helgaindra

alhamdulillah dong nilainya bagus bagus
semangat buat ngadepin semester baru

18 03 2011
Izza

saya dari blog http://binaizza.wordpress.com/2009/01/30/tugas-makalah-waktu-aku-masih-kelas-8/#comment-534
maaf baru sempat visit blog anda..

salam kenal.
saya dah barusan add fb

31 03 2011
Herdiani

HEH!!! Kamu kok mempopulerkan namaku fehm? hhh…hhh…
hhahha
Mektek II ku A, hhahha… senang membantumu
Kapan2 traktir akyu lg yaa… tp jangan crita ap2 tntg kosanku!! :D

16 07 2011
febrian hadi

evaluasiya tap semester diupload ya mas? hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 32 other followers

%d bloggers like this: