teringat EJVED 2008

6 02 2009

EJVED 2008
Beberapa jam yang lalu waktu membuka gallery foto, ada sesuatu yg menarik. Tiba2 muncul kenangan suatu event yg udah terjadi beberapa bulan yg lalu. Event itu namanya EJVED (East Java Varsities English Debate) yang diadakan 2 hari dimulai hari Sabtu, 6 Desember 2008 lalu di Universitas Negri Malang (UM).Event itu sendiri merupakan acara tahunan tingkat Jawa Timur yang diadakan oleh UM.

Dimulai ketika dulu ak yg merupakan mahasiswa baru angkatan 08 mendaftar di UK Bahasa Asing (namannya IFLS= ITS Foreign Language Society). Waktu itu general & important reason knapa ngebet pengen daftar UK soalna ada kebijakan dari rektorat tentang SKEM.SKEM pada umumnya mengharuskan mahasiswa mulai angkatan 08 mengikuti kegiatan di luar akademik such as UK, Ormawa, ikutan lomba2, bikin PKM, karya tulis, ikut seminar dll.. Dan klo gk bisa mencapa point yg ditentukan (1000) saat udah mencapai 144 sks,maka konsekuensina blum bisa diwisuda. What a shame..! bayangin ja,,gk bisa diwisuda gara2 gk ikut kegiatan2 kya gitu.. Pdahal kta kan dikasi uang saku tu buat kuliah,bukan buat macem2.. hee..

Stelah mengikuti tes interview & fortuntly accepted. Gk nyangka bisa ketrima,pdahal waktu interview blepotan ngomomg. Ho2.. trus singkat cerita,berhubung UM nyelenggarain lomba debat inggris se Jatim (EJVED), maka diutuslah beberapa orang untuk ikutan lombanya. Gk tau knapa, mreka malah ngutus ak yang masih newbie. Exactly, ada 4 orang newbie yg ikutan,include me.

Susunan lengkap nya, IFLS kirim 3 team(i team 3 orang) & 3 adjudicator.
Team didefinisikan sebagai participant yang mengikuti lomba debat itu sendiri (debater). Sedangkan adjudicator didefinisikan sebagai orang yg memutuskan team apa(afirmative or negativ) yg menang dan memberikan alasan2 knapa bisa menang. Team dari IFLS adalah Vivat, Grace & pedha onthel. Vivat berisikan Dimitri (Sistem Informasi), Putu Ayu Gatrani S. (Matematika), dan Tika Widyaningtyas (Statistika). Lalu Grace beranggotakan Dini Rachmawati Santoso (Sistem Perkapalan), Nastiti dan Fajar Budiman (Teknik Elektro). Yang terakhir team pedha onthel bermaterikan Asmaul Husna dan Winni Sharfina(Planologi) serta Fauzan Rofiq (Teknik Lingkungan).Lalu untuk adjudicator, IFLS mengirim saya sendiri,Fahmi Nuriman (teknik kelautan), Galih (teknik mesin), Adam Amerit ( teknik informatika). Like a dream team,eh? hee.. just kiding..

Pada lomba tersebut, adjudicator sendiri harus mengikuti proses akreditasi agar dapat diketahui siapa yang layak untuk menjuri debat pada lomba tersebut. Dan beruntungnya lagi, ak promoted jadi adjudicator dan berkesempatan menjadi chair adjudicator sekali. Chair adjudicator tu ketua dari panel (3 orang) adjudicator. Wah,,bner2 gk nyangka banget..waktu itu ngadju 3 pertandingan pre eliminary round, octofinal 7 kuarter final.. mengingat ak yg masih newbie and this is my first event at debate cmpetion.

Pada hasil akhirna,team yang berhasil masuk kuarter final adalah pedha onthel.Yang sebelumnya saat octo final mengaahkan team IFLS sendiri yaitu grace. Lalu team yg masuk grand final keduanya dari Unibraw,brhasil dimenangkan oleh Formasi Newbies.

Hm,,bner2 pengalaman yang seru.. Lalu selanjutnya ada beberapa pertandingan debat lagi kaya road to IVED( kli ini sebagai panitia) dan paling terakhir IVED (Indonesia Varsities English Debate) di Jogja beberapa minggu lalu.Mungkin ntar ja cerita tentang IVED yang pastina lebih seru..


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: