Indonesia butuh lebih banyak riset

10 02 2009

Saat ini kondisi ekonomi dunia sedang terpuruk., akibat adanya krisis kredit perumahan (Subprime Mortage) di Amerika Serikat secara langsung ikut mendorong terjadinya krisis ekonomi di dunia.Indonesia pun terkena dampaknya.Tingkat inflasi meningkat, harga bahan pokok naik, krisis persediaan BBM dan masih banyak lagi contoh contoh lainya yang sudah sering berulang kali terjadi akibat krisis melanda Indonesia.

Kondisi ini terjadi karena tidak adanya pondasi ekonomi Indonesia yang kuat, infrastruktur yang minim, SDM yang masih rendah, dan daya saing produk Indonesia yang rendah. Untuk meningkatkan SDM sekaligus juga meningkatkan daya saing produk dan industri Indonesia sehingga bisa bersaing di dunia gobal, maka pemerintah seharusnya menggalakan program  riset inovasi dan discovery sains teknologi dan industri dalam negeri.
Dalam perspektif yang pertama (riset inovasi),yaitu nilai atau arti penting dari kegiatan riset ditautkan ke sektor-sektor produksi dan ekonomi, khususnya produksi melalui industri manufaktur dan industri proses. Sedangkan perspektif yang kedua (riset discovery) adalah penyingkapan fenomena, sehingga menjadi terpahami oleh manusia.Dalam pandangan tradisional, merupakan upaya investigasi intelektual secara tekun, sistematik untuk memvalidasi dan menyempurnakan pengetahuan yang ada, serta menghasilkan pengetahuan baru.

Sebuah sistem inovasi dan discovery mencakup jejaring aktor/pelaku, beserta dengan kebijakan-kebijakan (intra dan antar institusional) dan lembaga-lembaga yang mempengaruhi pemfungsian IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi), dalam kehidupan ekonomi suatu masyarakat bangsa. Ini mencakup, antara lain, kebijakan-kebijakan yang menyangkut alih-teknologi, perlindungan hak atas karya intelektual, penanaman modal asing, import barang-barang kapital, dan sebagainya.

Bukankah kita sekarang sedang bermasalah dengan rencana pembangkit listrik tenaga nuklir? Regulasi bahan bakar alternatif (termasuk minyak jarak)? Insiasi teknologi nano? dan juga untuk kesadaran pemakaian Open Source di dunia teknologi informasi? Dengan adanya  penggalakan riset dari pemerintah, publik menjadi lebih menghargai sains dan ikut berjuang untuk membela kepentingan mereka dalam pembuatan kebijakan pemerintah.

Tetapi dalam kondisi sistem inovasi demikian ini, selama belum ada perubahan yang berarti dalam kebijakan iptek, kebijakan industri dan perdagangan, maupun dalam kebijakan makroekonomi, tampaknya sulit untuk mengharapkan tumbuhnya permintaan litbang dari industri-industri besar yang telah lama berdiri.

Jadi diperlukan peran pemerintah untuk merevatilisasi program riset yang selama ini kurang efektif dijalankan. Jika terdapat perubahan dalam kebijakan-kebijakan yang relevan mengenai program riset, maka akan ada peluang yang lebih terbuka pada industri-industri baru berskala kecil-menengah, sekaligus meningkatkan daya saing produk industri, asalkan isu-isu alih teknologi dan kapasitas teknologi diperhatikan secara lebih serius.


Actions

Information

6 responses

16 02 2009
Robi

manteb2 nie artikelnya boy… TOP!?

16 02 2009
lina

hay ditambah masalah nuklir dunk biar seru

17 02 2009
Fahmi

@ lina : hmm..makasi usulna..boleh juga tu..

@ Robi : thanx bro..

18 02 2009
sheinastya putri

hai, tulisan yg bagus.emang bener kita kekurangan riset, aku juga dah pernah bikin riset tp tentang ekonomi

# mie said : hm,, tu juga bermanfaat buat kemajuan negara kita. Apalagi negara kita yg lgi kena dampak krisis dari luar.

27 02 2009
ika

asalkan risetnya gak ribet yahh mbak……. jangan sampe keseringan riset eee malah gak slesei-slesei kerjaan laennya……..

mie said : ha2.. ya kita doakan saja..

2 04 2009
zhafir

hai, berkunjung nih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: