Wisudawan diospek

7 10 2010

Mungkin kejadian ini hanya terjadi di jurusan saya, dan bahkan mungkin pertama kali dalam sejarah dunia. Bukan hanya mahasiswa baru saja yang hanya akan merasakan ospek di kampus. Tapi para wisudawan yang diasumsikan sebagai mahasiswa semester atas/akhir yang telah menyelesaikan beban minimal 144 sks dan sudah lolos TA sehingga berhak menyandang gelar ST di belakang namanya ini ternyata tidak luput dari ospek juga. Penasaran ? Simak saja cerita saya di bawah ini, *halah..

Hari Sabtu, 2 Oktober 2010 adalah momen seumur hidup yang berkesan bagi para wisudawan. Mereka akhirnya bisa lulus dari fakultas yg terkenal sulit meluluskan mahasiswa dan paling lama menempuh masa studi dibandingkan dengan fakultas lain. Kali ini saja ada 49 wisudawan yang bisa lolos dari jurusan saya. Mereka bersuka-cita bersama orang tua, keluarga, sahabat dan pendamping nya mengikuti prosesi acara wisudawan di Graha Sepuluh Nopember. Tidak terlihat raut wajah mereka yang kumus-kumus kepanasan memakai gordon dan toga di kota Surabaya yang panas ini. Dengan senyum ceria mereka menunggu namanya disebut untuk maju ke depan, bersalaman dengan rektor dan menerima ijazah sarjana. Sedangkan di luar graha, saya dan teman teman menunggu di luar Graha. Berpanas-panas,berkumus-kumus ria menunggu mas/mbak wisudawan tercinta menyelesaikan acara prosesi wisudawan. Memang sudah menjadi tradisi di kampus saya kalau para wisudawan akan diarak oleh adek2 tingkatnya dari graha menuju jurusan masing masing. Inilah momenย  selebrasi untuk merayakan para wisudawan, persembahan dari adik adik nya yang tidak akan dilupakan seumur hidup. hehe..

Yel-yel dari berbagai jurusan mulai terdengar menyambut wisudawan yang mulai keluar dari gedung menyambut para wisudawan. Bendera hima jurusan terlihat ada di mana mana. Inilah saat saat krusial, dimana kita tidak mau ada mbak/mas wisudawan yang nyasar mencari adek-adek nya. Bayangkan saja kalau nyasar, betapa sulit dan akan memakan waktu yang lama untuk mencari mereka. Mengarak wisudawan sebenarnya adalah saat yang paling menyenangkan, ini adalah pertama kalinya saya ikut mengarak setelah pada taun sebelumnya saya selalu kebagian mengurus farewell party di jurusan. Kami berjalan kaki dari graha menuju jurusan. Capek sih, tapi tidak begitu terasa karena selama di jalan kami menjadi tontonan dan memacetkan jalan di sekitar kampus. Teriakan yel-yel katika bersinggungan dengan arakan
jurusan lain pasti membuat nostalgia para wisudawan ketika mereka dulu menjadi mahasiswa baru. Dulu mereka mengarak, sekarang gantian mereka yang diarak,menjadi raja ratu sehari. Dan saya mulai membayangkan, kapan ya saya wisuda? hehe..



Sampai di area jurusan saya mulai mencium bau keanehan. Banyak mas/mbak memakai jaket jurusan khas SC/IC saat saya diospek dulu meghadang rombongan wisudawan. Ini benar benar di luar skenario dan kami tidak bisa berbuat apa apa. Kami saja kaget, apalagi wisudawan. Mereka yang menghadang kebanyakan merupakan teman seangkatan para wisudawan yang kebetulan belum diwisuda. Mereka mencegat dan mempertanyakan kesolidan dan konsistensi teman seangkatan mereka yang sudah lebih dulu mendahului (lulus). Memaksa mencopot gordon wisuda dan mengganti nya dengan baju angkatan 2006. Biarpun lebih dulu, tapi tetap satu. Iki sing jenenge solid rek ! Tak lupa pembacaan MOU untuk tidak melupakan almamater, jurusan dan menjadi donatur tetap Himatekla.(Terima kasih ya mas,mbak semoga amal kalian dibalas Yang Kuasa, hehe..)

Acara pun berlangsung sampai malam. Canda tawa benar2 tampak di wajah mereka. Mereka benar benar tidak melewatkan farewell party yang khusus dipersembahkan untuk mereka dan menjadi acara terakhir mereka cangkruk bersama dosen, sahabat, dan adek2 tingkat di jurusan.

Selamat ya mas-mbak wisudawan, semoga sukses menjalani lembaran kehidupan baru. Dan semoga saya bisa cepat menyusul lulus tepat waktu. Amien..


Actions

Information

66 responses

7 10 2010
learn to trade the market

The blog is nice one. I enjoyed reading it. I was pleased by watching the activities of graduates.

7 10 2010
Fahmi

thanks.. u may read another on my blog๐Ÿ™‚

7 10 2010
Goda-Gado

cukup seru.
klo di tempatku wisudanya diarak naik mobil kereta kelinci.๐Ÿ˜€

mudah2an buruan cepet lulus Mi.

7 10 2010
Fahmi

kalau tahun kemaren sih pakai kereta kelinci, tahun ini memang dibuat beda dari yg kemaren..

Amien..Semoga saja..

13 10 2010
Goda-Gado

ow,, memang disengaja beda to

7 10 2010
NoRLaNd

wah, seru seprti nya itu..
tapi, masa wisudawan di ospek !?
di tmepat kami, malah akan di adakan “pelepasan alumni”
jadi, wisudawan bukan di ospek, melainkan pesta makan-makan =D

7 10 2010
Fahmi

kalau pesta makan2 sih ada, lengkap sampai penampilan band.. cuman, sebelum itu diospek dulu… hehe…

7 10 2010
Asop

Selamat!! Selamat! Bravo!!๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
Hiks, saya belum lulus..๐Ÿ˜ฅ

Hehe, justru di saat begitulah serunya jadi wisudawan. Kalo di ITB sini, biasanya jurusan sipil yang biasanya rusuh pas penyambutan wisudawannya. Pernah dulu wisudawan/wati diangkut pake truk bak terbuka dari gedung sidang wisuda, pas sampe di depan kampus udah ditunggu ama mahasiswa sipil yg belum lulus, mereka semua bawa tongkat kayu mukul-mukulin truk, teriak2 ngancem “turun! turun woi!” Tentu aja itu gak serius mau mukul, cuman menyenangkan dan luar biasa.๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

11 10 2010
Red

kapan lulusnya sopppp?๐Ÿ˜€ anak itb biasanya luammaaa lulusnya yah? wkwkwkwk๐Ÿ˜†

@fahmi wavemaker: udah saya tancepkan linkmu di annunaki mas bro๐Ÿ˜€

12 10 2010
Fahmi

ayo semangt mas asop… ho2..
thanx udah nancep link nya…

7 10 2010
Fahmi

Semangat mas….Nanti lulus nya barengan aja …๐Ÿ™‚

yang bikin seru n gk bisa dilupakan tu emang yg bikin jantung deg2 an n diluar skenario..
setelah “kekerasan” terjadi, abis itu salaman n pelukan… bahagianya…hehe…
wah, saya tambah pengen cepet wisuda…

7 10 2010
Red

waduhh itu yang naek becak mini… hebooohh mas bro๐Ÿ˜†

8 10 2010
Fahmi

iyah,,heboh banget…(saya sebenarnya heran, bapak tukang becaknya kemana ya..? kok menghilang)

8 10 2010
kikakirana

ouwww,,, anak its kah…๐Ÿ™‚
itu wisudanya oktober ini ya hehehe:mrgreen:

HIDUP!!! ^_^

8 10 2010
Fahmi

iya,,oktober ini,, dilanjutkan dengan bursa kerja 5 hari berikutnya…

HIDUP..!

8 10 2010
tentangnea

. seru ik…
. pengen ikutan naek becak itu tuh,,, hehe
. nice blog …^^

8 10 2010
Fahmi

ayo ikutan mbecak mba….
thanx..๐Ÿ™‚

8 10 2010
PetzLuvNeiz

wah, mirip sama kampus saya dulu… namanya pembayatan
jadi, calon-calon wisudawannya di siram air berwarna-warni dan lengket karena mengandung tepung
sesudah disiram itu, kita diarak keliling kompleks kampus…
*ini prosesi wisuda apa ultah sih:mrgreen:

8 10 2010
Fahmi

owh,,dibaiat jadi wisudawan yah…. *kalo disiram ma air yg lengket gitu apa gk sayang amagordon nya ya? hehee…

8 10 2010
Saipuddin

amin. semoga cepat lulus mas. Semangat….!
Oya, boleh tukeran link, link mas sudah saya pasang.

8 10 2010
Fahmi

Amien…
boleh, ayo tekeran link….

8 10 2010
jasmineamira

hahahaha seruu yaaaahh
jd pgn cepet2 wisuda jg๐Ÿ˜€

8 10 2010
Fahmi

emang serru…
ayo cepet wisuda…

10 10 2010
jasmineamira

bikin proposal aja blm, gmn mw cepet wisuda..
hahahaah *curcol :p

12 10 2010
Fahmi

ya dibikin dung proposal nya biar disetujui ma pembimbing… klo gk, ya gk kelar2 nanti…๐Ÿ™‚

13 10 2010
jasmineamira

sedang dalam proses. lg ngumpulin tinjauan pustaka duluu.
october wish saya. hehehehe

8 10 2010
Teras Info

wah kalau saya mah masih belum ngerti sama hal2 kaya gitu…soalnya saya kuliah aja belum…he..he..he…

8 10 2010
Fahmi

hmm,,ntar juga pasti ngerasain…. sabar aja ya…๐Ÿ™‚

8 10 2010
tomi

semoga saya juga bisa cepat menyusul.. ni bab 4 lama banget kerjainnya mas๐Ÿ˜€

8 10 2010
Fahmi

lagi ngerjain TA ya mas? ayo semangatzz..!

8 10 2010
kampus blog

selamat buat wisudawan dan wisudawati.. lah mas kapan menyusul??
saya ni jg baru mencoba ke arah sana mas๐Ÿ˜€

8 10 2010
Fahmi

saya pengenya seh segera menyusul. tapi masih semester 5, KP aja belum. hehe..
Ayo semangat menuju wisuda…

9 10 2010
genksukasuka

hmmmm…
pengennnnnnnn๐Ÿ™‚

9 10 2010
Fahmi

saya jugaa….

9 10 2010
nadiafriza

berkumus2 itu apa toh..?

aaah jadi keinget skipsi kaan๐Ÿ˜€

9 10 2010
Fahmi

berkumus kumus itu campuran antara kucel+keringatan+kepanasan…

ayo digarap skripsi yaa…
btw, bedanya skripsi ama TA tau gk..?

9 10 2010
cheap 925 silver

That’s wonderful, just keep it up.

10 10 2010
dedekusn

Seru juga…. fotonya keren2
Selamat Sob…
Sukses Terus

10 10 2010
Fahmi

terimakasih,,
sukses juga yah….

10 10 2010
Piss

Bagi yg diwisuda, Selamat wisuda, semoga menjadi lulusan yg sukses!

10 10 2010
Fahmi

Amien,,
*kok poto nya hampir sama kaya coment diatas yah? hihi…

10 10 2010
mubaroki

salam kenal bang…
kunjungan perdana buat saya di blog ini…

11 10 2010
Fahmi

salam kenal juga,,

10 10 2010
Nur Ali Muchtar

duh, sedih baca tulisan ini. ane belom lulus nih gan!!

11 10 2010
Fahmi

ayo semangat…

11 10 2010
holmes1412

Wah, seru dong Mas…. jarang ada yang kayak gini …

11 10 2010
Fahmi

emang seru,, acara setahun 2 kali neh…

11 10 2010
Mila

ehem..

nice kang๐Ÿ™‚

11 10 2010
Fahmi

so nice..

11 10 2010
satria yudha

walaahh… kok bisa ya wisudawan di ospek๐Ÿ˜€

11 10 2010
Fahmi

ya bisa dong… hehe….

12 10 2010
geblek

woh seru, tapi prihatin/kasihan kalau sudah dapat st tapi masih nyusahin orang tuanya๐Ÿ™‚

12 10 2010
Fahmi

semoga jadi tambah lebih mandiri n nyenengin orang tua..๐Ÿ™‚

12 10 2010
Rossa

lucu liatgambar2nya.

12 10 2010
Fahmi

gambar mana yg paling lucu..?

12 10 2010
Agus Siswoyo

Selamat ya mas. Semoga dapat mengabdi untuk kebaikan masyarakat. Nanti kita ketemu di Pestablogger Surabaya ya…

13 10 2010
fahmi

lho, saya kan belum wisuda… hehe..
sampai ketemu di pesta blogger…

13 10 2010
ulfa

Wah seru jg tuch….
Tak doakan smoga cepet wisuda jg da ngikuti para senior2nya yg wisuda tgl 2 oktober kmren y….

13 10 2010
Fahmi

Amien…
makasih ya….

14 10 2010
Yohan Wibisono

Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.yohanwibisono.com, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

18 10 2010
Lambertus Wahyu Hermawan

Ntar Fahmi yang digituin…. eh, menginspirasi banget… kalau digituin di jurusanku gimana ya? Hahahaha….

Btw… pesta blogger kemarin ga diposting tah mie? Bagus tuh buat dimasukin blog.

19 10 2010
Fahmi

wah, gk pa2 sih, ntar kan terakhirnya salam2an lagi.. ho2..
yg pesta blogger kmaren ak gk ikutan full acaranya, lagipula gk bawa kamera.. hahaa…

21 10 2010
Putri

wah..seru, ya…
mudah2an saja ortu para wisudawan gak kagetan ngelihatin anaknya digitu-in
he..he..

23 10 2010
Fahmi

sepertinya beberapa ortu ngeliat kok… lha acaranya ada di depan jurusan… ho2…

2 11 2010
Yuan

Wah seru yaw. . .semoga ku bisa cepet lulus

8 03 2012
ptc

In fact your creative writing ability has inspired me. … I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article. Thanks for this article

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: