Apa yang akan selanjutnya dilakukan jika konstruksi kapal sudah selesai ? Bagaimana cara membuat kapal berada dalam air? Yup, tentu saja launching atau peluncuran kapal. Saya dan teman teman termasuk orang yang beruntung berkesempatan melihat launching atau peluncuran kapal minggu lalu. Ini pertama kalinya saya berkunjung di galangan kapal sekaligus melihat peluncuran nya. Jangan dibayangkan kalau galangan kapal itu penuh dengan besi berserakan, kabel listrik bergelantungan, ataupun pekerja yang kaya zombie. Saya telah datang ke Dok Perkapalan Surabaya (DPS) dan tidak menemukan hal hal mengerikan macam itu. Saya malah terkagum kagum melihat banyaknya kapal besar yang sedang masuk dock, pekerja yang memakai jaket & peralatan safety, dan juga pemandangan laut yang luar biasa di malam hari.
Kapal yang diluncurkan oleh DPS malam itu merupakan kapal Tanker 6.500 LTDW (Long Ton Dead Weight) pesanan PT Pertamina. Kapal yang bernama MT Kakap itu rencananya akan diserahkan (commissioning) pada pihak pertamina pada akhir tahun 2011. Jadi jangan berpikir kalau setelah peluncuran selesai, maka proses otomatis selesai juga. Karena saat diluncurkan kapal bisa dalam keadaan kosongan, belum ada mesin, sistem belum complete, navigasi dll.
Peluncuran MT Kakap dilakukan dengan metoda end launch. Atau dengan kata lain diluncurkan dengan sisi belakang terlebih dulu yang menyentuh air. Mungkin itulah kenapa peluncuran dilakukan pada malam hari saat laut mengalami pasang. Kapal ini kabarnya juga sudah memenihi standar international. Di klass kan oleh Lyod register (LR) dan bersertifikasi IMO. Dan yang bikin bangga, kapal ini dipesan oleh perusahaan dalam negeri (Pertamina) dan juga dibuat oleh perusahaan dalam negeri (PT DPS) yang engineer nya orang pribumi. Lalu ditambah bekerjasama dengan NASDEC-ITS dalam pengembangan software nya. Bahan bahan kapal juga 85 % dari dalam negeri. Semangat nasionalisme seperti inilah yang bisa memunculkan mutualism relationship atau hubungan yang saling menguntungkan dan bersinergi diantara kalangan business, industry dan juga akademisi (universitas). Kalau hubungan yang seperti ini terus berlanjut, maka sedikit demi sedikit kita bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Di negeri yang katanya ‘kaya’ ini.
Sebenarnya saat proses peluncuran tidak memakan waktu yang lama, tidak sampai 1 menit. Hanya saja prosesi sebelum peluncuran lah yang lama. Ya anda tahu sendiri bagaimana kata kata sambutan dari pejabat negeri ini, lamanya minta ampun. Padahal saya dari siang belom makan ini. Perut sudah keroncongan. Hehe..
Sayang sekali saat pulang dari DPS menuju kampus tiba tiba disambut hujan deras. Langit dan cuaca yang tenang tiba tiba saja berubah menjadi badaii hujan beserta angin kencang. Bener bener pakai pawang hujan neeh sepertinya.. 🙂
* foto foto koleksi Gilang H W
waks kapalnya besar sekali :-O
tapi kok warna kuning mentereng gitu ya? hihihi… apakah itu efek lampu? *cupu*
iya,, warna kuning memang karena efek lampu kok.. kan peluncuran nya waktu malam hari…
bicara peresmian saya masih ingat bu tien suharto…yg pecah ‘kendi’ untuk kapal apaaaa gitu….di TVRI…
dewa ruci? itu yg dipakai keliling dunia kan?
wah,, saya gk tau kapal apa itu… berhubung saya mungkin masih belum sekolah dan jarang liat TV waktu itu.. hehee…
selain end lauch ada berapa metoda lagi?
pernah ga suatu kali dalam pelucuran, kapan tidak mengapung seprti biasanya/tenggelam, nah kalo kayak gitu gimana nantinya?
:jempol:
ada beberapa metoda lagi seperti side launch, ship lifts dll..
ya kalau kejadian paling buruk saat peluncuran biasanya keel kapal yang patah. klo udah gitu mesti masuk dock lagi..
keren juga kapalnya ya… dulu sempet ingat pas ikod pemotongan platnya aja, jadi mikir gimana bentuk kapalnya? platnya aja tebelnya sekian mili…
liat pemotongan plat pertama ya?
harus tebel dung,, biar meminimalisasi kebocoran…
gagah bener kapalnya…
gagah kaya mbah jiwo tuh… hoho…
Wah keren.. jadi ngerti sekarang..
Btw aku belom pernah naek kapal lho.. ^^
coba deh sekali2 naek kapal… asyik lho diayun gelombang.. 🙂
canggih juga tuch kapalnya 😀
yang penting buatan anak bangsa mas.. 🙂
wakakaka. .
kata sambutannya yang lama minta ampun yah. .wkwkwkwkwkw
iya neeh,, harap maklum.. karna harganya juga gk murah 🙂
wahh seru ya…tau gitu kemaren ikut liat nih. btw kalau peluncuran kapal induk gitu gimana ya…kan guede banget tuh…
wah,, sayang gk ikutan mas,,
kapal induk buat perang itu ta mas? wah,, saya juga gk kebayang gimana ngeluncurin nya,, mungkin pake metode bulding docks kali yaa…
wkekek keren ada lemur di foto,
iya,,si lemur juga ikutan…
Data dari mana 85% sudah komponen lokal ?
disebutin sendiri sama yang ngasih pidato sambutan mas..
wah, sayang saia gak liat peluncuran kapalnya…
pdhl kyknya menarik….hehehe
btw, dalamnya gmn?
mirip kapal di monkasel gitu nggak? 😉
hehehe
*slm knl dan mksih sdh mampir di blogkuw ya*
wah,,saya gk liat sampai dalam nya.. 🙂
salam kenal juga.. terimakasih sudah mampir..
blogwalking ! haha
weh, ngluncurin kapal aja sampai gini acaranya
wow,,,
sy blm pernah liat kapal
😦
huft
iya,,jarang2 ada neh… hehe…
mampir ke surabaya mas,, banyak kapal mampir di pelabuhan.. hoho..
insya Allah sekitar bulan februari 2011
waaah, itu made in Indonesia ya? *bangga*
iya,, harus bangga dung…
Subhanallah, gedhe banget…pasti seneng ni klo ikutan liat…
sayangnya liat fotonya aja….. 😦
coba deh maen2 ke galangan kapal… 🙂
Gimana jika anda mengunjungi PT PAL Surabaya, pasti lebih seru…
belum pernah mampir kesana,, pasti seru tuh….
wedeww….keren banget…
launching kapal baru rame banget acaranya 🙂
unik…
iyaa,, acaranya emang rame n keren abis….
Keren banget bro, SDM Indonesia sebenernya gak kalah jauh ya sama negara luar, tapi political will dari pemerintahnya aja yang rendah untuk pengembangan teknologi di sini, maunya impor terus dari luar..
bener mas lucky,, para engineer kita sebenarnya gk kalah dengan yg diluar, asalkan diberi kepercayaan oleh penentu kebijakan.
nice info 🙂
[…] Peluncuran Kapal MT Kakap « wavemaker blog.. […]
ihiy, ikutan launching 🙂
Dari dulu Indonesia emang ahli bikin kapal,
Btw, nanti kapal itu buat dijadikan apa…
kapal tanker itu buat transportasi & menampung minyak,, bisa dari kapal ke kapal laen or ke dibawa ke darat nanti nya…
kapal ini mangkalnya dimana ya, sekalian pengen nyobain gitu
klo gk salah kapal ini bakal dioperasikan di blok Kakap mas.. tapi saat ini masih ada di dock nya DPS kok… 🙂
Luaaaar biasa kalian anak ITS!! 😀 😀
Bangga… 😀
Ngomong2, udah ada pesenan kapal perang dari dephan belum? 🙂
terimakasih,, tentu saja engineer membutuhkan bantuan dari pihak lainya dalam membuat sesuatu karya.
walah,,masih mahasiswa ini mas.. saya lihat masih bapak2 dosen saja yg berkecimpung langsung dalam pembuatan proyek gede.. hehee…
[…] Peluncuran Kapal MT Kakap « wavemaker blog.. […]