Peluncuran Kapal MT Kakap

26 11 2010

Apa yang akan selanjutnya dilakukan jika konstruksi kapal sudah selesai ? Bagaimana cara membuat kapal berada dalam air? Yup, tentu saja launching atau peluncuran kapal. Saya dan teman teman termasuk orang yang beruntung berkesempatan melihat launching atau peluncuran kapal minggu lalu. Ini pertama kalinya saya berkunjung di galangan kapal sekaligus melihat peluncuran nya. Jangan dibayangkan kalau galangan kapal itu penuh dengan besi berserakan, kabel listrik bergelantungan, ataupun pekerja yang kaya zombie. Saya telah datang ke Dok Perkapalan Surabaya (DPS) dan tidak menemukan hal hal mengerikan macam itu. Saya malah terkagum kagum melihat banyaknya kapal besar yang sedang masuk dock, pekerja yang memakai jaket & peralatan safety, dan juga pemandangan laut yang luar biasa di malam hari.

Kapal yang diluncurkan oleh DPS malam itu merupakan kapal Tanker 6.500  LTDW (Long Ton Dead Weight)  pesanan PT Pertamina. Kapal yang bernama MT Kakap itu rencananya akan diserahkan (commissioning) pada pihak pertamina pada akhir tahun 2011. Jadi jangan berpikir kalau setelah peluncuran selesai, maka proses otomatis selesai juga. Karena saat diluncurkan kapal bisa dalam keadaan kosongan, belum ada mesin, sistem belum complete, navigasi dll.

bagian belakang MT Kakap

Peluncuran MT Kakap dilakukan dengan metoda end launch. Atau dengan kata lain diluncurkan dengan sisi belakang terlebih dulu yang menyentuh air. Mungkin itulah kenapa peluncuran dilakukan pada malam hari saat laut mengalami pasang. Kapal ini kabarnya juga sudah memenihi standar international. Di klass kan oleh Lyod register (LR) dan bersertifikasi IMO. Dan yang bikin bangga, kapal ini  dipesan oleh perusahaan dalam negeri (Pertamina) dan juga dibuat oleh perusahaan dalam negeri (PT DPS) yang engineer nya orang pribumi. Lalu ditambah  bekerjasama dengan NASDEC-ITS dalam pengembangan software nya. Bahan bahan kapal juga 85 % dari dalam negeri. Semangat nasionalisme seperti inilah yang bisa memunculkan mutualism relationship atau hubungan yang saling menguntungkan dan bersinergi diantara kalangan business, industry dan juga akademisi (universitas). Kalau hubungan yang seperti ini terus berlanjut, maka sedikit demi sedikit kita bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Di negeri yang katanya ‘kaya’ ini.

 

pemotongan stopper

Sebenarnya saat proses peluncuran tidak memakan  waktu yang lama, tidak sampai 1 menit. Hanya saja prosesi sebelum peluncuran lah yang lama. Ya anda tahu sendiri bagaimana kata kata sambutan dari pejabat negeri ini, lamanya minta ampun. Padahal saya dari siang belom makan  ini. Perut sudah keroncongan.  Hehe..

d'commodore Teknik Kelautan 08

Sayang sekali saat pulang dari DPS menuju kampus tiba tiba disambut hujan deras. Langit dan cuaca yang tenang tiba tiba saja berubah menjadi badaii hujan beserta angin kencang.  Bener bener pakai pawang hujan neeh sepertinya.. 🙂

 

* foto foto koleksi Gilang H W


Actions

Information

49 responses

27 11 2010
rara

waks kapalnya besar sekali :-O
tapi kok warna kuning mentereng gitu ya? hihihi… apakah itu efek lampu? *cupu*

29 11 2010
fahmi

iya,, warna kuning memang karena efek lampu kok.. kan peluncuran nya waktu malam hari…

27 11 2010
adetruna

bicara peresmian saya masih ingat bu tien suharto…yg pecah ‘kendi’ untuk kapal apaaaa gitu….di TVRI…

27 11 2010
Red

dewa ruci? itu yg dipakai keliling dunia kan?

29 11 2010
fahmi

wah,, saya gk tau kapal apa itu… berhubung saya mungkin masih belum sekolah dan jarang liat TV waktu itu.. hehee…

27 11 2010
baguštejo

selain end lauch ada berapa metoda lagi?
pernah ga suatu kali dalam pelucuran, kapan tidak mengapung seprti biasanya/tenggelam, nah kalo kayak gitu gimana nantinya?

:jempol:

29 11 2010
fahmi

ada beberapa metoda lagi seperti side launch, ship lifts dll..
ya kalau kejadian paling buruk saat peluncuran biasanya keel kapal yang patah. klo udah gitu mesti masuk dock lagi..

27 11 2010
gajah_pesing

keren juga kapalnya ya… dulu sempet ingat pas ikod pemotongan platnya aja, jadi mikir gimana bentuk kapalnya? platnya aja tebelnya sekian mili…

29 11 2010
fahmi

liat pemotongan plat pertama ya?
harus tebel dung,, biar meminimalisasi kebocoran…

27 11 2010
Mbah Jiwo

gagah bener kapalnya…

29 11 2010
fahmi

gagah kaya mbah jiwo tuh… hoho…

27 11 2010
Radesya

Wah keren.. jadi ngerti sekarang..

Btw aku belom pernah naek kapal lho.. ^^

29 11 2010
fahmi

coba deh sekali2 naek kapal… asyik lho diayun gelombang.. 🙂

27 11 2010
Fir'aun NgebLoG

canggih juga tuch kapalnya 😀

29 11 2010
fahmi

yang penting buatan anak bangsa mas.. 🙂

28 11 2010
abu nawas

wakakaka. .
kata sambutannya yang lama minta ampun yah. .wkwkwkwkwkw

29 11 2010
fahmi

iya neeh,, harap maklum.. karna harganya juga gk murah 🙂

28 11 2010
Rismanto

wahh seru ya…tau gitu kemaren ikut liat nih. btw kalau peluncuran kapal induk gitu gimana ya…kan guede banget tuh…

29 11 2010
fahmi

wah,, sayang gk ikutan mas,,
kapal induk buat perang itu ta mas? wah,, saya juga gk kebayang gimana ngeluncurin nya,, mungkin pake metode bulding docks kali yaa…

28 11 2010
volverhank

wkekek keren ada lemur di foto,

29 11 2010
fahmi

iya,,si lemur juga ikutan…

29 11 2010
Yudistiro

Data dari mana 85% sudah komponen lokal ?

29 11 2010
Fahmi

disebutin sendiri sama yang ngasih pidato sambutan mas..

1 12 2010
vany

wah, sayang saia gak liat peluncuran kapalnya…
pdhl kyknya menarik….hehehe
btw, dalamnya gmn?
mirip kapal di monkasel gitu nggak? 😉
hehehe

*slm knl dan mksih sdh mampir di blogkuw ya*

1 12 2010
Fahmi

wah,,saya gk liat sampai dalam nya.. 🙂
salam kenal juga.. terimakasih sudah mampir..

1 12 2010
volverhank

blogwalking ! haha

1 12 2010
Goda-Gado

weh, ngluncurin kapal aja sampai gini acaranya
wow,,,
sy blm pernah liat kapal
😦

huft

1 12 2010
Fahmi

iya,,jarang2 ada neh… hehe…
mampir ke surabaya mas,, banyak kapal mampir di pelabuhan.. hoho..

3 12 2010
Goda-Gado

insya Allah sekitar bulan februari 2011

1 12 2010
nada

waaah, itu made in Indonesia ya? *bangga*

3 12 2010
Fahmi

iya,, harus bangga dung…

1 12 2010
mbakulfa

Subhanallah, gedhe banget…pasti seneng ni klo ikutan liat…
sayangnya liat fotonya aja….. 😦

3 12 2010
Fahmi

coba deh maen2 ke galangan kapal… 🙂

2 12 2010
wajidi

Gimana jika anda mengunjungi PT PAL Surabaya, pasti lebih seru…

3 12 2010
Fahmi

belum pernah mampir kesana,, pasti seru tuh….

2 12 2010
elmoudy

wedeww….keren banget…
launching kapal baru rame banget acaranya 🙂
unik…

3 12 2010
Fahmi

iyaa,, acaranya emang rame n keren abis….

3 12 2010
Lucky dc

Keren banget bro, SDM Indonesia sebenernya gak kalah jauh ya sama negara luar, tapi political will dari pemerintahnya aja yang rendah untuk pengembangan teknologi di sini, maunya impor terus dari luar..

5 12 2010
Fahmi

bener mas lucky,, para engineer kita sebenarnya gk kalah dengan yg diluar, asalkan diberi kepercayaan oleh penentu kebijakan.

5 12 2010
Mila

nice info 🙂

5 12 2010
10 Seleb cantik yang kematiannya menggemparkan dunia - Info - Artikel Unik, Lucu, dan Menarik

[…] Peluncuran Kapal MT Kakap « wavemaker blog.. […]

9 12 2010
@rosadicted to me

ihiy, ikutan launching 🙂

11 12 2010
Saipuddin

Dari dulu Indonesia emang ahli bikin kapal,
Btw, nanti kapal itu buat dijadikan apa…

15 12 2010
Fahmi

kapal tanker itu buat transportasi & menampung minyak,, bisa dari kapal ke kapal laen or ke dibawa ke darat nanti nya…

15 12 2010
kawanlama95

kapal ini mangkalnya dimana ya, sekalian pengen nyobain gitu

15 12 2010
Fahmi

klo gk salah kapal ini bakal dioperasikan di blok Kakap mas.. tapi saat ini masih ada di dock nya DPS kok… 🙂

15 12 2010
Asop

Luaaaar biasa kalian anak ITS!! 😀 😀
Bangga… 😀

Ngomong2, udah ada pesenan kapal perang dari dephan belum? 🙂

15 12 2010
Fahmi

terimakasih,, tentu saja engineer membutuhkan bantuan dari pihak lainya dalam membuat sesuatu karya.

walah,,masih mahasiswa ini mas.. saya lihat masih bapak2 dosen saja yg berkecimpung langsung dalam pembuatan proyek gede.. hehee…

16 12 2010
Karakter Manusia Dilihat Dari Rasa Es Krim Kesukaannya - Info - Artikel Unik, Lucu, dan Menarik

[…] Peluncuran Kapal MT Kakap « wavemaker blog.. […]

Leave a comment