UAS di awal tahun

5 01 2011

Hello everyone..! Sudah lama saya tidak posting di blog saya tercinta ini. Minggu ini dan minggu sebelumnya saya memang disibukan oleh tugas tugas akademik yang mengantri luar biasa. Sehingga saya tidak bisa menyempatkan waktu untuk menulis, walaupun saya sebenernya tidak tahu mau menulis apa. Resolusi 2011? Hmm,saya pun tidak sempat untuk memikirkan hal itu. Bahkan di malam tahun baru kemarin pun saya hanya di kamar kost saya, mengerjakan tugas rancang dengan ditemani Kompi saya yang online untuk chat dengan dia.  Benar benar tidak sempat memikirkan hal lain karena pada hari Senin adalah hari pertama Ujian Akhir Semester. Fireworks? Saya hanya bisa melihatnya di layar kaca. Walaupun Surabaya banyak sekali berseliweran kembang api di malam tahun baru, tapi dari kamar saya hanya bisa mendengar suara kembang api. Tidak terlihat warna warni kembang api yang terlihat. Mungkin karena mendung atau kost saya yang letaknya terlalu jauh dari pusat suara.

Sepertinya cukup basa basi mengenai malam Tahun baru kemarin. Karena sebenarnya saya saat ini sedang dilanda kegundahan yang luar biasa. Pada hari pertama UAS Senin kemarin saya harus dipaksa ujian 3 mata kuliah berbobot 11 SKS dalam sehari. Bayangkan sodara sodara, 11 SKS dalam sehari. Benar benar menguras tenaga dan pikiran. Karena 11 SKS itulah saya benar benar jarang beristirahat. Waktu tidur pun tereliminasi secara signifikan. Ujian dimulai dari pukul 07.30 pagi berlangsung estafet selesai pada pukul 17.00. Setelah itu saya tepar pada malam hari nya dan tidak maksimal untuk belajar pada hari berikutnya. Alhasil, pada hari ujian selanjutnya (Selasa kemarin) saya benar benar tidak siap. Ujian mata kuliah Perancangan Bangunan Lepas Pantai membuat saya terlalu lama melihat soal dibanding dengan mengerjakanya *payah. Selain itu materi yang saya baca mengenai Spectra tidak keluar sedikitpun dalam ujian. Ujian saya kali ini benar benar hancur sekali.

Untuk melampiaskan kekesalan saya, sengaja saya posting soal  UAS Perancangan Bangunan Lepas Pantai 1 di blog saya ini.  Jangan tanya saya bagaimana cara menjawabnya, karena saya sendiri juga tidak bisa saat itu. Saya baru sadar dan paham setelah membuka catatan dan fotocopyan contoh soal di kamar setelah ujian selesai.  Saya benar benar menyesal, seharusnya tidak boleh gambling memprediksi soal tentang apa yang akan keluar. Andai di waktu sebelumnya saya belajar seluruh materi, mungkin keadaan bisa berubah. Ah, penyesalan memang datang terakhir.

So, ini dia soal UAS Perancangan Bangunan Lepas Pantai 1 yang bikin saya menyesal. Waktu 100 menit (closed book). Soalnya Cuma 2, tapi jawabanya bisa berlembar lembar halaman. Check this out..

 

1.      Sebuah pipa silinder baja dengan diameter luar 360 mm dipancang kedalam seabed. Kedalaman air 11 meter. Panjang pipa dari seabed 18 meter. Tebal pipa 10 mm.

AFL = 5D ; silinder tidak kedap.

Ca silinder = 1

Shape function defleksi pada x = L

S = logarithmic determinant = 0,05

Hitung :

a) Stability parameter ?

b) Natural frekuensi dari pipa ?

 

2.      Sebuah silinder baja kedap mempunyai diameter 10 meter ditambat kedasar laut. Hitung Froude Krylov force dari Inersia force untuk heave.  (deep water)

H =6 m

ג =100 m

Ca =0,67

Catatan ada di bawah ini :


Actions

Information

28 responses

7 01 2011
prilisyah fitri

how’s about your PBL I mi?
it was success?

aku takuttttt..
sm nilai2ku ntar mi..

7 01 2011
Fahmi

ya itu fit.. yg no 2 gk blajar ak… payah….

7 01 2011
Kurnia Septa

semoga dapat hasil yg terbaik

7 01 2011
Fahmi

amien,, saya berharap yang terbaik untuk saya dan teman2 seperjuangan…

7 01 2011
Gyl

wow, masih ada UAS ya di jurusanmu. Di jurusanku adik2 angkatan udah gak ada UAS. Sebagai gantinya setiap mata kuliah ada Final Project. Mereka ya kalang kabut itu. Gak ada break.

Yah, semoga hasil UASnya bisa bagus lah mi😉

7 01 2011
Fahmi

di tempat saya kebetulan baru beberapa matkul aja yg pake final project mas..
tpi itu juga udah bikin kalang kabut. semester ini ambil 2 matkul tugas rancang soalnya…

Amien… makasih mas…

7 01 2011
mcnugraha

Mie.. mie..
kemana aja sih km?
waktu yang diciptakan itu kan 24 Jam dalam sehari
dalam satu semester itu ada 16 minggu perkuliahan
dalam artian you have 15 weeks for study everything.
but why you just SKS ( sistem kebut semalam )
bukannya persiapan yang panjang itu hasilnya lebih baik
practice makes perfect kan?
Tapi semoga sukses mie tuk hasil disemester ini.
dan semoga saya pun begitu

7 01 2011
Fahmi

nah,, itulah penyakit saya yg gk kunjung sembuh tur… harus belajar managemen waktu… *padahal wes melok LKMM-TM

semoga sukses untuk kita semua

9 01 2011
kodokz

haha…
jadi inget tugas kuliah dulu,,,1 soal bisa berlembar2, dan dikerjakan hanya 1malam
huft😐

11 01 2011
Fahmi

haha,,
yang ini juga, soalnya cuma 2. tapi jawabanya bisa berlembar folio, dikerjakan dalam 100 menit…

9 01 2011
Lambertus Wahyu Hermawan

Ternyata memang benar… ketika seorang blogger sangat excited sama soal duniawinya, dia akan publish soal itu di blog. Kalo sudah akut, biasanya publish juga jawabannya…😆

11 01 2011
Fahmi

saya hanya sedang kesal sama UAS mas…
hehee…..

10 01 2011
Yolanda

woahh,
itu rumus apa’an tuh ?
untung UAS gua gak pake rumus2 kayak gitu, hahah

11 01 2011
Fahmi

rumus nyari macem2, hoho..
wah,, beruntung sekali anda ini.
memang di Pens jurusan apa ?

12 01 2011
Mbah Jiwo

mumet to??

13 01 2011
Fahmi

mumet banget mbah..

12 01 2011
genksukasuka

waduh gak ngerti , saya
semangat om…

13 01 2011
Fahmi

yup,, tetap semangaat…

13 01 2011
masyhury

wah, kagak ngerti aku soal begituan, hihi..
tetep semangat mas walau pun susah!!😀

13 01 2011
Fahmi

iya ne,, walopun susah harus semangaat..

13 01 2011
Goda-Gado

sik to, kok isoh entuk soale ki piye ceritane cak??
hmmm

ojo takon aku babagan soal. ga mudheng babar blassssssssssssss😦

yo mugo2 wae hasile apik UASe

14 01 2011
Fahmi

lha soal ujian kan dibawa pulang….
mogo2 ae entuk sung terbaik cak…

19 01 2011
Goda-Gado

ow,,,,
kirain soal dibalikin lagi…😀
oke. amiin

14 01 2011
mamung

wah mumet banget ya..
nggarape sambil merem wae…😆

14 01 2011
Fahmi

wah,,mengko malah keturon piye jal..?

14 01 2011
vany

waduh, saia pusing duluan pas baca soalnya….
hehehe
semoga nilai ujiannya gak hancur2 bgt ya….😀

17 01 2011
Fahmi

iya,, semoga ja kya gtu.. hohoo…

13 02 2011
Evaluasi Semester 5 « wavemaker blog..

[…] Ini dia mata kuliah angker di jurusan saya. Diasuh oleh Bapak Joswan yang merupakan dosen senior, kita akan serinh menemukan mas/mbak semester atas yang kebetulan mengulang lagi matkul ini. Yup, jangan heran kalau banyak banget yang belum lulus di matkul ini. Karena materinya emang sulit dan harus teliti menganalisa soal. Inget ya, teliti menganalisa soal, bukan mengerjakan soal. Karena kalau sudah paham ‘maunya’ soal, pasti lancar ngerjain nya. Dan jangan sekali2 berharap nilai A di matkul ini kalau anda tipe mahasiswa yang suka bolos atau TA (titip absen). Karena Bapak dosen akan setia mengabsen anda secara manual . Oya, soal UAS matkul ini iseng2 saya posting di blog ini dan anda bisa lihat soal UAS nya disini. […]

Leave a Reply

