Evaluasi Semester 5

13 02 2011

Liburan semester 5 sudah selesai. Nilai-nilai mata kuliah semester 5 pun sudah mulai bermunculan di SIAKAD (SIM AKADEMIK). Ada yang menggembirakan, mengecewakan bahkan mengagetkan. Bahkan ada 1 nilai mata kuliah yang baru muncul di hari terakhir FRS an ( mengambil mata kuliah semester selanjutnya). Bayangkan jika sampai selesai FRS nilai nya belum keluar juga, bisa bisa saya mengulang mata kuliah tersebut di semester selanjutnya 😦 .

Dari nilai nilai tersebut saya akan mencoba mengevaluasinya sehingga saya paling tidak bisa belajar dari kesalahan kesalahan yang saya lakukan di semester lalu. Bisa juga dijadikan pelajaran buat para pembaca yang kebetulan adek kelas saya di jurusan (jangan contoh saya maksudnya, hehe )

>  Mekanika Teknik II = B

Mata kuliah berbobot 4 SKS ini memang menguras tenaga dan pikiran. Kuliah 2 kali seminggu dengan tugas yang seabrek membuat rasa jenuh dan bosan selalu hinggap di kepala saya. Tetapi inilah dasar matkul (selain mekanika teknik I) kalau anda ingin focus di bidang struktur. Ya karena saya pengen banget masuk struktur, mau gak mau harus suka, walopun sulitnya minta ampun. Oya, buku yang enak untuk dipahami menurut saya punya Timoschenko ama Hibler, walaupun dosen saya lebih suka mengeluarkan soal yg mirip di buku nya Popov. Makasih buat Herdiani Sinatrya teman dari Sipil yang sudah meminjamkan catatan nya 🙂 .

>  Perencanaan Bangunan Lepas Pantai I = BC

Ini dia mata kuliah angker di jurusan saya. Diasuh oleh Bapak Joswan yang merupakan dosen senior, kita akan serinh menemukan mas/mbak semester atas yang kebetulan mengulang lagi matkul ini. Yup, jangan heran kalau banyak banget yang belum lulus di matkul ini. Karena materinya emang sulit dan harus teliti menganalisa soal. Inget ya, teliti menganalisa soal, bukan mengerjakan soal. Karena kalau sudah paham ‘maunya’ soal, pasti lancar ngerjain nya. Dan jangan sekali2 berharap nilai A di matkul ini kalau anda tipe mahasiswa yang suka bolos atau TA (titip absen). Karena Bapak dosen akan setia mengabsen anda secara manual 🙂 . Oya, soal UAS matkul ini iseng2 saya posting di blog ini dan anda bisa lihat soal UAS nya disini.

>  Hidrostatis dan Bonjean (Tugas Rancang II) = AB

Ini nih matkul yang sempat saya singgung di atas sebagai matkul yang nilainya baru keluar di saat akhir FRS an. TR 2 ini merupakan kelanjutan TR 1 (lines plan) yang berbobot 2 SKS, tujuanya adalah menggambar/ merancang kurva Hidrostatis dan Bonjean. Kebetulan tidak ada kelas kuliah di matkul ini. Jadinya ya asistensi aja terus ke bapak dosen. Terima kasih khusus nya buat Dany Arianto Wibowo dan teman2 yang banyak membantu saya di matkul ini. Berhubung bapak dosennya (Bapak Murtedjo) yang terkenal perfect pada tugas mahasiswanya. Sehingga keliru sedikit saja pasti ketahuan, hehe. Mungkin pada postingan selanjutnya saya akan menjelaskan bagaimana cara menggambar kurva hidrostatis dan bonjean . Read the rest of this entry »

Advertisements




UAS di awal tahun

5 01 2011

Hello everyone..! Sudah lama saya tidak posting di blog saya tercinta ini. Minggu ini dan minggu sebelumnya saya memang disibukan oleh tugas tugas akademik yang mengantri luar biasa. Sehingga saya tidak bisa menyempatkan waktu untuk menulis, walaupun saya sebenernya tidak tahu mau menulis apa. Resolusi 2011? Hmm,saya pun tidak sempat untuk memikirkan hal itu. Bahkan di malam tahun baru kemarin pun saya hanya di kamar kost saya, mengerjakan tugas rancang dengan ditemani Kompi saya yang online untuk chat dengan dia.  Benar benar tidak sempat memikirkan hal lain karena pada hari Senin adalah hari pertama Ujian Akhir Semester. Fireworks? Saya hanya bisa melihatnya di layar kaca. Walaupun Surabaya banyak sekali berseliweran kembang api di malam tahun baru, tapi dari kamar saya hanya bisa mendengar suara kembang api. Tidak terlihat warna warni kembang api yang terlihat. Mungkin karena mendung atau kost saya yang letaknya terlalu jauh dari pusat suara.

Sepertinya cukup basa basi mengenai malam Tahun baru kemarin. Karena sebenarnya saya saat ini sedang dilanda kegundahan yang luar biasa. Pada hari pertama UAS Senin kemarin saya harus dipaksa ujian 3 mata kuliah berbobot 11 SKS dalam sehari. Bayangkan sodara sodara, 11 SKS dalam sehari. Benar benar menguras tenaga dan pikiran. Karena 11 SKS itulah saya benar benar jarang beristirahat. Waktu tidur pun tereliminasi secara signifikan. Ujian dimulai dari pukul 07.30 pagi berlangsung estafet selesai pada pukul 17.00. Setelah itu saya tepar pada malam hari nya dan tidak maksimal untuk belajar pada hari berikutnya. Alhasil, pada hari ujian selanjutnya (Selasa kemarin) saya benar benar tidak siap. Ujian mata kuliah Perancangan Bangunan Lepas Pantai membuat saya terlalu lama melihat soal dibanding dengan mengerjakanya *payah. Selain itu materi yang saya baca mengenai Spectra tidak keluar sedikitpun dalam ujian. Ujian saya kali ini benar benar hancur sekali.

Untuk melampiaskan kekesalan saya, sengaja saya posting soal  UAS Perancangan Bangunan Lepas Pantai 1 di blog saya ini.  Jangan tanya saya bagaimana cara menjawabnya, karena saya sendiri juga tidak bisa saat itu. Read the rest of this entry »





Menggambar Lines Plan

24 10 2010

Lines Plan atau biasa disebut rencana garis merupakan mata kuliah Tugas Rancang 1 berbobot 2 sks yg harus ditempuh di jurusan teknik kelautan atau Fakultas Teknoogi Kelautan pada umumnya. Ini nih mata kuliah yg bikin mahasiswa tidur tak nyenyak, makan tak enak, pokoknya benar benar gak nyaman kalau tugas ini belum selesai. Walaupun hanya 2 sks dan tidak ada kuliahnya, tapi tugas rancang ini benar benar menyita waktu. Asistensi ke dosen pembimbing pun hampir setiap minggu, belum lagi kalau dosen nya sulit ditemui/ tidak ada di tempat.  Ada juga dosen yg ribet kalau lagi asistensi, harus perfect hitungan dan gambar nya. Saya pun sempat tidak selesai merampungkan lines plan gara2 jarang asistensi. Tapi alhamdulilah semester berikutnya saya menebus kesalahan saya dan dapat nilai A. Membuat lines plan memang harus rajin, sabar, teliti, dan cerdik untuk mengakali *hehe..

Lines plan merupakan salah satu bagian awal dari perancangan kapal secara keseluruhan. Kalau mau flashback sebentar, kenapa jurusan saya yg inti nya mempelajari bangunan pantai dan lepas pantai harus bisa bikin lines plan? Padahal kan cukup teknik perkapalan saja yg harus bisa lines plan. Dosen saya pernah berkata:

Lines plan merupakan dasar untuk merancang suatu floating body. Bangunan lepas pantai tidak melulu fixed body, di deepwater harus menggunakan suatu struktur floating body. Bagaimana kamu dapat merancang floating body kalau lines plan saja tidak bisa? Lines plan juga lah yg merupakan modal kamu merancang hidrostatis dan bonjean nantinya.

Saya mengerjakan lines plan dibantu dengan excel dan AutoCAD. Ada juga sih yg mengerjakan dengan manual (gambar pakai tangan) tergantung keberuntungan dapet dosen pembimbing yang mana. Kalau paka autoCAD memang lebih cepat dan terbantu dalam pengukuran, skala dan sebagainya. Tapi kadang hasil gambarnya kurang mulus dibandingkan dengan cara manual yg menggunakan mal gambar. Setiap metode memang ada kekurangan dan kelebihan masing masing.

Ada beberapa tips dalam mengerjakan lines plan berdasarkan pengalaman saya menggunakan metode Nederlandsche Scheepsbouw Proefstatioen (NSP) yaitu :

1. Anda harus sudah lulus matkul Teori Bangunan Apung 1 atau Teori Bangunan Kapal 1. Kalau belum, banyaklah membaca teori dasar kapal.

2. Setelah mendapatkan data kapal dan jenis nya, segera cek ukuran kapalnya apakah memenuhi standar atau tidak ke klasifikasi kapal seperti BKI, DNV, Lyold  etc. Anda akan ditertawakan oleh dosen jika anda mengerjakan lines plan tanpa mematuhi code standar yang ada.

3. Harus teliti dan cermat saat menarik garis di diagram NSP.


4. Membuat curve sectional area (CSA) yang benar benar mulus. Gak onok kapal sing gak mulus rek !

5. Perhatikan CSA anda, apakah luas station depan lebih besar dibandingkan station belakang? jika iya, maka perhitungan anda harus diulangi lagi. Buat luas bagian belakang lebih besar dibanding bagian depan. Kecuali anda mau kapal bagian depan terlihat lebih gemuk 🙂

6. Setiap anda mengkoreksi hitungan (biasanya dengan excel) cermati perubahanya yang akan berdampak ke bagian lain (terutama CSA).
Read the rest of this entry »





Jack-up

19 03 2009

Jack up structure merupkan jenis bangunan terpancang selain Jacket.
Jack up adalah konstruksi platform yang banyak digunakan pada operasi pengeboran.
Kaki-kakinya dapat diturunkan dan dinaikkan     sehingga dapat berdiri pada dasar laut dan     platform deck dapat diangkat sampai mencapai     suatu     kedudukan yang dikehendaki sehingga     tidak terpengaruh oleh ombak dan arus laut.Ombak dan arus laut sendiri merupakan faktor yang bisa mempengaruhi platform/bangunan tersebut.
jack-up2 Unit geladak harus kedap dan mempunyai     buoyancy dan stability yang cukup apabila rig     tersebut direncanakan untuk bisa mengapung     sendiri saat dipindahkan/transit.Hal ini dikarenakan,jack up merupakan unit yang bisa dipindahkan.Lalu biasanya unit ini dilengkapi dengan peralatan navigasi dan dynamic positioning system yang berfungsi membantu unit tersebut tetap berada ditempatnya walaupun dihempas ombak dan arus laut.

Ciri dari JACK- UP STRUCTURE (SELF ELEVATING UNIT) adalah :
>UNTUK EKSPLORASI, DILENGKAPI DRILLING RIG  (MENARA BOR)
>BISA DIPINDAHKAN
>BERDIRI DIDASAR LAUT DENGAN 3 ATAU 4 KAKI
>BANGUNAN PLATFORM DAPAT DIDONGKRAK, NAIK TURUN SESUAI KETINGGIAN AIR LAUT
>KEDALAMAN  SAMPAI 150 METER.

ini yg bikin jack-up bisa turun-naik.

ini yg bikin jack-up bisa turun-naik.

coba liat gambar jack-up gear nya. besar banget perbandinganya dengan orang yang berdiri di dekatnya. Pernah dosen saya cerita,ketika dia menginspeksi jack up unit (didaerah mana ak lupa) ada jack up gear yang diganjal dengan kayu yag besar. Busyet..parah & b Read the rest of this entry »





Fixed jacket offshore structure

7 02 2009

jacket platformkali ini ak mau berbagi & share ilmu yang ak dapatkan sewaktu mengikuti kuliah pengantar iptek general arrangement di semester 1. Hmm,,sekalian mengingat ingat pelajaran memasuki semester 2 ini. Dulu sewaktu kuliah pengantar iptek ak jg digabung bersama jurusan lainya se FTK. Jadi yg mempelajari subject ini bukan dri jurusanku aja, tetapi jurusan lain jg. Sebaliknya, ak jg mempelajari ilmu2 dri jurusan lain, tetapi masih berkaitan dengan marine technology.

Dimulai dari general arrangement konstruksi fixed offshore platform. Fixed jacket offshore structure itu merupakan suatu unit konstruksi yang dirancang untuk dipergunakan selama ladang minyak di lokasi tersebut masih produktif, biasanya untuk jangka waktu sekitar 20 tahun. Hmm,,lumayan lama jg ya.Lalu selama waktu trsebut konstruksi platform harus dijamin segi kekuatan maupun keselamatannya dalam menerima pembebanan-pembabanan akibat lingkungan sekitarnya seperti gelombang (WAVE), pasang surut (TIDE),arus (CURRENT), kondisi dasar laut (SEABED), penggerusan (SCOURING), tektonik (EARTH QUAKE),dan juga beban akibat modul modul perlengkapan yang ada diatas platform.

Dimulai dari kaki – kaki ( jacket legs ) yang terbuat dari pipa yang berongga. Jumlah kaki – kaki tersebut dapat : 1 (satu) monopod, 3(tiga) tripod, 4(empat), 6(enam), 8(delapan): tergantung pada penggunaan platform tersebut.

Vertical bracings adalah pipa penghubung horizontal bracing dibawah dan diatas.

Diagonal bracings adalah pipa penghubung jacket legs dengan vertical atau diagonal bracings. Jacket legs dan bracing membuat konstruksi jacket menjadi suatu konstruksi yang tegar.

Pondasi tiang pancang ( foundation pilling ) adalah pipa pancang yang dipancangkan dalam jacket legs masuk kedalam tanah sampai kedalaman tertentu sehingga tiang pancang tersebut sanggup menahan berdirinya jacket construction terhadap beban – beban ombak angin, arus, beban geladak, beban gempa bumi dll.

Ujung diatas foundation piling dihubungkan dengan pengelasan dengan pipa jacket dan disambungkan dengan kaki – kaki cellar deck. Diatas terdapat, cellar deck, main deck atau helicopter deck tergantung dari pada penggunan platform tersebut. jacket-leg3

Mungkin itu aja sekilas dari mengingat ingat pelajaran dulu. Terimakasih kepada Bpk Ir. Soemartojo WA dan Bpk Prof. Ir. Soegiono dosenku yang sudah capai2 memberikan materi kuliah ini.Berhubung itu baru sekilas,semoga nanti bisa disambung lagi.

Cheers..