Mangrove Penyelamat Kawasan Pesisir

17 01 2011

Pernahkah anda suatu ketika berkunjung ke daerah pesisir dan melihat fenomena abrasi ataupun erosi pantai di daerah tersebut? Atau anda yang tinggal di daerah pesisir seperti kota Semarang yang mengalami banjir rob secara periodik ? Abrasi, erosi pantai, banir rob , pendangkalan muara sungai merupakan beberapa akibat yang timbul karena rusaknya daerah pendukung daya tahan tanah pesisir seperti ekosistem mangrove.  Rusaknya hutan mangrove secara langsung akan melemahkan daya dukung tanah dan lemahnya perlindungan pada pantai dan daerah pesisir.

a. abrasi pantai

 

b. erosi pantai

Ekosistem mangrove atau hutan bakau merupakan vegetasi hutan yang tumbuh di daerah pantai dan sekitar muara sungai yang secara teratur digenangi oleh air laut yang dipengaruhi pasang surut. Mangrove tidak dapat tumbuh di pantai yang terjal, berombak besar atau yang mempunyai pasang surut tinggi dan berarus deras.  Hutan mangrove merupakan  habitat alami sebagai tampat asuhan, mencari makan, memijah dan berlindung para biota perairan.

c. hutan mangrove

 

d. biota perairan mangrove

Mangrove berfungsi sebagai pelindung pantai. Pohon yang kuat sebagai peredam ombak dan mempercepat pengendapan lumpur sehingga dapat menahan abrasi, pelundung pemukiman dan mengendalikan banjir.  Hal ini terbukti saat tsunami yang menghantam Aceh  dan pantai Pangandaran lalu. Daerah yang ditanami mangrove kerusakan nya relatif kecil dibandingkan dengan yang tidak ditanami mangrove. Mangrove juga menyerap bahan pencemar gas kendaraan dan industri perkotaan. Untuk fungsi secara ekonomis, hutan mangrove sekaligus merupakan kawasan wisata yang menarik di daerah pesisir. Selain itu sumber produksi kayu mangrove dapat digunakan sebagai bahan penyamak, bahan baku pulp dan bahan bangunan. Bahkan inovasi terbaru yang sudah dikembangkan oleh teman teman mahasiswa beserta petani mangrove yaitu sirup mangrove yang berkhasiat bagi kesehatan dan juga batik yang bahan nya berasal dari mangrove.

Indonesia yang merupakan Negara kepulauan memiliki lebih dari 3700 pulau dan mempunyai wilayah pantai sepanjang 80.000 km seharusnya mempunyai kawasan hutan mangrove yang memadai untuk melindungi kawasan pantai sepanjang itu. Tetapi dari sumber data yang diperoleh, hutan mangrove di daerah Jawa Timur seluas 85.000 Ha saja sudah mengalami kerusakan sebanyak 13.000 Ha akibat tekanan karena fungsi kepentingan di wilayah pesisir. Belum lagi kerusakan hutan mangrove yang berada di daerah lain. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan mengingat fungsi penting  hutan mangrove bagi kawasan pesisir . Untuk itu diperlukan usaha bersama untuk konservasi dan rehabilitasi hutan mangrove.

 

e. peta persebaran mangrove indonesia

f. efek mangrove pada tsunami di pantai Pangandaran

Pelaksanaan konservasi dan rehabilitasi mangrove di lapangan mulai dari penanaman, pemeliharaan dan pengawasan harus melibatkan kelompok kelompok masyarakat pengelola dan pelestari mangrove di wilayah setempat. Hal ini sekaligus sebagai sosialisasi dan penyuluhan dengan meningkatkan wawasan dan kesadaran masyarakat pesisir dan membentuk rasa memiliki /sense belonging masyarakat akan hutan mangrove.

Saya masih ingat beberapa bulan yang lalu bersama teman teman kampus ikut berpartisipasi dalam program penanaman mangrove dan artificial reef di daerah Surabaya dan Situbondo  . Program tersebut tidak hanya diikuti oleh kalangan mahasiswa saja, tetapi petani mangrove dan masyarakat sekitar juga turut berpartisipasi. Petani mangrove dan masyarakat sekitar itulah yang nantinya kedepan akan menjaga kelangsungan dan kelestarian hutan mangrove. Program sosialisasi dan penanaman seperti inilah yang perlu banyak dilakukan nantinya, sehingga diharapkan terwujudnya kondisi ekosistem mangrove yang optimal, lestari dan bermanfaat memberikan fungsi sebagai ‘green belt’ bagi kawasan pesisir, penyedia energi dan nutrisi bagi biota perairan, serta memberikan manfaat ekonomi tanpa merusak lingkungan.

 

g. pengenalan mangrove sejak dini

Bencana dan kerusakan alam itu tidak datang secara kebetulan. Kita juga tidak bisa begitu saja menyalahkan efek dari global warming yang secara tidak langsung menyebabkan kerusakan tersebut karena sebenarnya kita sendirilah  yang secara tidak sadar telah merusak alam. Pencemaran lingkungan akibat limbah kawasan industri, membuang sampah di sungai yang menyebabkan pendangkalan, pembangunan yang tidak memperhatikan AMDAL dan lain lain akan berakibat datangnya bencana yang tinggal menunggu waktu. Untuk itu marilah kita sekecil mungkin memberi perhatian kita pada lingkungan demi generasi masa depan yang lebih baik dan lestari.

Tulisan ini dalam rangka mengikuti BeatBlog Writing Contest

Sumber gambar :

a) http://hilllovea.files.wordpress.com/2010/04/contoh-gb-abrasi.jpg
b) http://www.boston.com/news/local/massachusetts/articles/2009/02/09/report_paints_dire_picture_for_plum_island/
c) http://ciep0nly0n3.files.wordpress.com/2010/04/8a6154934cb7ec10ad0a5d03f197deac.jpg
d) http://rinapanjaitan.files.wordpress.com/2010/03/mangrove.jpg
e) http://en.wikipedia.org/wiki/File:Indonesia_Mangrove_Distribution.png
f) www.crips.nus.edu.sg/
g)  Study of Lessons Learned from Mangrove/Coastal Ecosystem Restoration Efforts in Aceh since the Tsunami Wetlands International – Indonesia Programme, 2006

Actions

Information

41 responses

17 01 2011
Tweets that mention Mangrove penyelamat kawasan pesisir « wavemaker blog.. -- Topsy.com

[…] This post was mentioned on Twitter by Komunitas UpdateBlog. Komunitas UpdateBlog said: #UpdateBlog dari @sandrock_duo : Mangrove penyelamat kawasan pesisir: http://wp.me/pqBpr-6d #updateblog […]

17 01 2011
fizer0

selamatkan hutan mangrove untuk menyelamatkan hidup anak cucu kita….

salam kenal…

18 01 2011
Fahmi

betul sekali,, demi masa depan yang lebih baik dan lestari

selam kenal juga..🙂

17 01 2011
Red

apa kayu mangrove itu bagus ? karena kayunya kan sering diambil oleh pihak2 tertentu sementara upaya menanam kembali minim

18 01 2011
Fahmi

untuk itulah diperlukan adanya penyuluhan/ sosialisasi kepada masyarakat sekitar mengenai fungsi penting mangrove, beserta cara melestarikan dan memanfaatkan hutan mangrove tanpa merusaknya bang Red..
Peran aktif masyarakat (LSM, universitas, petani mangrove dll) beserta dinas yang terkait diperlukan dalam kegiatan ini.

18 01 2011
radesya

Mangrove memang sangat penting bwt menahan abrasi, selain itu bisa jg sebagai budidaya ikan loh..
Thun 2008 aku liat hutan mangrove yg indah d karimunjawa, semoga saat ini mash indah seperti dulu🙂

18 01 2011
Fahmi

benar sekali radesya, ekosistem mangrove juga sebagai habitat ikan an udang, sehingga masyarakat juga bisa memanfaatkan potensi tersebut.
Semoga saja keindahan dan kelestarian mangrove terus terjaga..🙂

18 01 2011
nada

waktu itu aku jalan-jalan ke pakuwon city mas, ironis banget disana ada lahan bakau yang malah mau dibikin jadi perumahan😦

22 01 2011
Fahmi

wah,, iya di daerah situ kayana mau dikembangin jadi perumahan… moga aja mereka memperhatikan AMDAL…

18 01 2011
Saipuddin

seperti pohon bakau ya,..
saya sangat prihartin tu erosi di gambar kedua, sepertinya tidak ada pohon sama sekali, pantas aja terjadi erosi & banjir.
Itu semua tidak hanya tanggung jawab pemerintah tapi juga tanggung jawab kita bersama untuk menjaga.

22 01 2011
Fahmi

memang pohon bakau mas,,
benar sekali,, kita semua bertanggung jawab untuk kelestarian lingkungan..

31 01 2011
Saipuddin

sekarang banyak mangrove digunakan untuk membuat bangunan, tetapi tidak disesuaikan untuk melestarikan. Padahal mangrove kan termasuk mudah untuk hidup.

19 01 2011
Goda-Gado

bro,, btw klo dikasih mangrove pantainya jd nampak jelek dong ya?😀

g bs buat main2an air gitu…

trus masalah pantai mangrove, sy belum pernah lihat
klo pantai abrasi sama juga. sy belum pernah lihat secara langsung…😦

22 01 2011
Fahmi

mangrove tidak bisa hidup di daerah berpasir dan berombak besar seperti pantai, tapi akan hidup di tempat berlumpur yang biasanya ada di sekitar daerah pantai. Nah, mangrove di sekeliling pantai itulah uang akan mensuport daerah tersebut.

7 02 2011
Goda-Gado

ooww gitu…
ya ya ya…
jd teorinya mangrove g mungkin bs tumbuh di kawasan selatan pantai jawa ya Mi..
oiya Mi, insya Allah pekan depan (Ahad) sy mau ke surabaya…
Ada sebuah award kecil-kecilan dariku, silakan diambil di sini jika berkenan.🙂

8 02 2011
Fahmi

bisa saja tumbuh disana mas, asal kondisinya memungkinkan. setahu saya ada daerah koservasi mangrove di Cilacap yang berada di selatan pantai Jawa.
wah, ada apa neh mas ke Surabaya,, ayo mampir… hehee….
Trims atas awardna, segera ke TKP..

19 01 2011
gajah_pesing

semoga menang bro..🙂

22 01 2011
Fahmi

amien,, makasih bro… sama2 yaa…

19 01 2011
anla

di daerah pantai mengare kabupaten gresik, penduduk sekitar sering menebang kayu mangrove untuk dijadikan kayu bakar. padahal mangrove berperan penting dalam menjaga kualitas hasil perikanan tambak di wilayah mereka.
artinya, perlu sosialisasi lebih lanjut lagi untuk menumbuhkan kesadaran warga.

salam blogger ITS🙂

22 01 2011
Fahmi

betul sekali, perlu adanya sosialisasi / penyuluhan pada patani mangrove dan masyarakat sekitar..

wah, ITS juga rupanya..

19 01 2011
Mila

Bekunjung🙂

maaf baru sempat mampir

22 01 2011
Fahmi

ayo mampir lagi…

20 01 2011
Lucky dc

Wah keren, semoga menang deh kontesnya🙂

22 01 2011
Fahmi

amien, terimakasih..

25 01 2011
Madzhab Bisnis OnLine

Perlu adanya kepedulian yg serius dari pihak pemerintah untuk melestarikan alam, hutan dan lingkungan kita, demi generasi penerus!

27 01 2011
Fahmi

bukan cuma pemerintah saja,, tetapi kita semua juga mas…🙂

25 01 2011
Firaun NgebLoG

semoga artikel ini bukan hanya sekadar artikel kontes, melainkan sebuah peringatan untuk kita semua!!
Moga sukses gan😀

27 01 2011
Fahmi

amien.. terimakasih..

26 01 2011
farus

butuh kesadaran dari semua orang untuk mewujudkan keselamatn alam tersebut

27 01 2011
Fahmi

benar sekali mas..

26 01 2011
presyl

waah.. pernah ikutan nanam mangrove juga.
mau dong ikuut.. hehe.. iya, mestinya acara kayak gitu sering2 diadain di tiap daerah. ajak semua buat berpartisipasi, sampe anak kecil klo perlu, biar mereka sadar sejak kecil

27 01 2011
Fahmi

iya,, mengenalkan mangrove beserta fungsi dan manfaatnya sejak dini memang perlu.. biar mereka menjadi generasi yang cinta lingkungan nanti nya..🙂

31 01 2011
ronny fauzi | web muda

sedang ikut kontes to mas? wah, sama dong. hehehe… tapi sy ndak ikut kontes yg ini.

eh, mas kemarin ndak ikut y yg lomba blognya Himasika itu? begini mas, dr lomba kmrn itu, sempat muncul wacan untuk membuat blogger community di ITS ini. krn kan sepertinya blm ada tuh. tanggapannya gimana mas? positif nggak?

salam blogger

31 01 2011
Fahmi

kebetulam ak gk ikutan lomba blognya himasika..
klo mau bikin blogger community di ITS boleh juga tuh… ak support kok.. ak liat banyak jg blogger di ITS dan emang belum ada wadahna..

2 02 2011
apin

baru sekali liat mangrove, di pinggiran pulau bali waktu itu.
secara fungsi aku g begitu paham, tapi itu kan bagus di liatnya, jadi sayang kalo di rusak.. apalagi cm demi uang >.<

3 02 2011
Firaun NgebLoG

sundul lagi gan😀

6 02 2011
Rismanto

hmm…penyuluhan2 tentang mangrove buat masyarakat pesisir ini paling baik diadakan secara rutin, biar mereka gak cepet lupa. kalo sekali aja biasanya beberapa minggu kemudian mereka lupa dan mulai melakukan kegiatan yang merusak lagi.

8 02 2011
Fahmi

bagusnya memang seperti itu mas, diselenggarakan rutin dan berkelanjutan, sehingga ada follow up nya.

28 02 2011
Fahmi Hasan

Nice Post..!! mampir yak!! moga tetep eksis…!!

28 12 2011
saudara alam

penyebaran hutan bakau di indonesia dimana aja mas…terimakasih

4 02 2013
Uinnazriel Bungsu

wahai merah putih ku maafkan lah kelakuan saudara kami yg masih belum sadar ,,,kami ingin melindungimu selamnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: