Fixed jacket offshore structure

7 02 2009

jacket platformkali ini ak mau berbagi & share ilmu yang ak dapatkan sewaktu mengikuti kuliah pengantar iptek general arrangement di semester 1. Hmm,,sekalian mengingat ingat pelajaran memasuki semester 2 ini. Dulu sewaktu kuliah pengantar iptek ak jg digabung bersama jurusan lainya se FTK. Jadi yg mempelajari subject ini bukan dri jurusanku aja, tetapi jurusan lain jg. Sebaliknya, ak jg mempelajari ilmu2 dri jurusan lain, tetapi masih berkaitan dengan marine technology.

Dimulai dari general arrangement konstruksi fixed offshore platform. Fixed jacket offshore structure itu merupakan suatu unit konstruksi yang dirancang untuk dipergunakan selama ladang minyak di lokasi tersebut masih produktif, biasanya untuk jangka waktu sekitar 20 tahun. Hmm,,lumayan lama jg ya.Lalu selama waktu trsebut konstruksi platform harus dijamin segi kekuatan maupun keselamatannya dalam menerima pembebanan-pembabanan akibat lingkungan sekitarnya seperti gelombang (WAVE), pasang surut (TIDE),arus (CURRENT), kondisi dasar laut (SEABED), penggerusan (SCOURING), tektonik (EARTH QUAKE),dan juga beban akibat modul modul perlengkapan yang ada diatas platform.

Dimulai dari kaki – kaki ( jacket legs ) yang terbuat dari pipa yang berongga. Jumlah kaki – kaki tersebut dapat : 1 (satu) monopod, 3(tiga) tripod, 4(empat), 6(enam), 8(delapan): tergantung pada penggunaan platform tersebut.

Vertical bracings adalah pipa penghubung horizontal bracing dibawah dan diatas.

Diagonal bracings adalah pipa penghubung jacket legs dengan vertical atau diagonal bracings. Jacket legs dan bracing membuat konstruksi jacket menjadi suatu konstruksi yang tegar.

Pondasi tiang pancang ( foundation pilling ) adalah pipa pancang yang dipancangkan dalam jacket legs masuk kedalam tanah sampai kedalaman tertentu sehingga tiang pancang tersebut sanggup menahan berdirinya jacket construction terhadap beban – beban ombak angin, arus, beban geladak, beban gempa bumi dll.

Ujung diatas foundation piling dihubungkan dengan pengelasan dengan pipa jacket dan disambungkan dengan kaki – kaki cellar deck. Diatas terdapat, cellar deck, main deck atau helicopter deck tergantung dari pada penggunan platform tersebut. jacket-leg3

Mungkin itu aja sekilas dari mengingat ingat pelajaran dulu. Terimakasih kepada Bpk Ir. Soemartojo WA dan Bpk Prof. Ir. Soegiono dosenku yang sudah capai2 memberikan materi kuliah ini.Berhubung itu baru sekilas,semoga nanti bisa disambung lagi.

Cheers..


Actions

Information

6 responses

10 02 2009
dhini

hmmmpphh..

You know, pengantar iptek isn’t one of my favorite subjects!
It used to be one, but no longer..
Haha.. “something” personal I guess..

12 02 2009
Fahmi

I prefer pengantar iptek than Calculus or prokom. Fortran just always make me sick..And bring the bad 4 me at the end..

15 02 2009
juand

aq seorang mahasiswa yg mempelajari konstruksi jacket plat form,bahkan bsa merencanakan,namun saya blm perna melihat langsung pengoperasian offshore itu sendiri, menggambar perencanaan dan menejem proyeknya bsa,kini saya lg mau cari judul skripsi tentang kekuatan las pada kaki jacket dgn kekuatan tarik ,tapi dak ada buku pendukung,blh dak saya di kasi referensi bukunya?

# mie said : wah mas kayana udah semester 6 ke atasa, dah mw ambil skripsi. Pdhal ak ja masih smester 2 .hee.. Klo buku pendukung, yg ak tw buku bagus tntang offshore structure “construction of marine and offshore structure” by Ben.C.Gerwich. pernah baca dikit2 buku itu pas mau ujian. hee.. thanx 4 visited ..

10 05 2010
dalify

mas fahmi, , izin masukin ini ke blog ku ya?

12 05 2010
Fahmi

iyah…silahkan,,,jangan lupa ditulis sumbernya yah..thanx…

20 09 2011
dicki iskandar

for information. i am dicki iskandar. i have working at one fabricator company.
our client are oil and gas company. i am supervisor welding with duty like production progress and leading team for technical welding, familiar for WPS [welding procedure specification]. it’s continue from PQR.
jacket and module, platform are the major project usually we handle. so with my pleasure to share information about welding and application to any one.

Leave a comment